Laman

Minggu, 13 Mei 2012

Cilok dan Cireng



Untuk membuat cilok yang empuk dan kenyal, harus bisa menentukan perbandingan antara tepung tapioka dan tepung terigu. Disamping itu saya suka juga menggunakan santan yang tidak terlalu pekat (encer) untuk pembuatan cilok ini.

Pakai air putih biasa sebenarnya juga gak apa-apa, memang aslinya kan gak pakai santan. Ini hanya ide saya aja...kalau pakai santan itu sedikit melembutkan adonan, dan memberi citarasa lebih gurih

 Biar ada kandungan nilai gizi yang baik, tidak semata-mata karbohidrat saja...maka sengaja saya tambahkan dalam ciloknya isian keju cheddar yang dipotong kubus kecil. Atau kadang juga saya isi dengan potongan sosis...bisa juga diisi ptongan bakso.

Oh iya, resep cilok ini bisa juga diaplikasikan jadi resep cireng lhoo...saya sudah coba, dan hasilnya cireng yang sangat nikmat. Tidak keras, tapi teksturnya kenyal dan lembut sangat didapat...jadi lumayan aja satu resep bisa jadi dua model cemilan..cilok dan cireng. Yuuk kita tinjau resep cilok saya..

CILOK ISI KEJU
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Cilok:
200 gr tepung tapioka
200 gr tepung terigu
400 ml air mendidih/santan encer panas
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang cincang halus
50 gr keju cheddar dipotong dadu kecil
2 buah sosis potong kecil-kecil

Bahan Sambel Kacang:
250 gr kacang tanah di goreng dan haluskan dengan blender
5 siung bawang putih haluskan
5 buah cabe merah besar haluskan
2 lembar daun salam
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
5 mata asam jawa rendam dengan 4 sdm air panas dan saring
500 ml air putih
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat  cilok :
1. CILOK: campur menjadi satu tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang dan garam dalam suatu wadah, tuangkan air panas sedikit-sedikit kedalamnya. Jangan semua air langsung dituangkan yaa...untuk jumlah air bisa kurang atau lebih tergantung daya serap tepung. Aduk-aduk hingga adonan tercampur rata dan kalis, jika adonan sudah tidak lengket ditangan juga tidak keras saat ditekan berarti adonan cilok sudah pas takarannya.
2. Ambil sejumput adonan dan pipihkan, isi dengan keju cheddar atau sosis..bentuk bulat seukuran kelereng. Lakukan hingga adonan habis dipulung bulat, kemudian rebus di air yang mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan biarkan agak lama beberapa saat, agar cilok benar-benar mateng bagian dalamnya. Lalu angkat dengan saringan dan tiriskan.
3. Bumbu Sambel Kacang: tumis bawang putih dan cabe merah dengan minyak goreng hingga matang, masukkan air putih..aduk-aduk hingga mendidih.
4. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender agak halus, beri garam, gula merah, gula pasir, daun salam dan air asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan mendidih kembali, pertanda matang jika sambel kacang sudah keluar minyaknya kemerahan. Segera angkat dan matikan api kompor.
5. Taruh cilok dalam wadah yang bersih, lalu tuangkan sambel kacang..aduk hingga cilok bercampur rata dengan sambel kacang. Tambahkan kecap manis dan sambel botol jika suka lebih terasa pedas manisnya.

sumber

 sukses story seorang Gm.Susanto dimana beliau sukses menjual 900 item produk fisik secara online dalam waktu kurang dari 2,5 bulan.

4 komentar:

  1. numpang copas ya mbak. kapan hari saya coba bikin cilok hasilnya alot bgt. padahal pake daging. rugi dah dagingnya... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Ira, agar gak terlalu alot tepung tapiokanya di kurangi dikit mbak. dijamin deh lebih empuk.

      Hapus
  2. kalo saya bikin, ciloknya ga mateng aja tengahnya.. kenapa ya? udah direbus lama, udah ngambang. tambah dikukus pula, tetep aja tengahnya mentah :(

    BalasHapus
  3. bagaimana mba,supaya ciloknya bisa tahan lama.soalnya saya mau coba memproduksi.

    BalasHapus